Sheryl Sandberg: Ibu, Direktur, Triliuner


Sheryl Kara Sandberg. Sering dipanggil Sheryl Sandberg. Di dunia bisnis Tidak banyak perempuan seperti dia ini. Tidak banyak juga lelaki yang seperti dia. Dia memang sosok luar biasa.

Keluarbiasaannya dimulai sejak tahun 2001. Tahun ketika ia mulai bekerja di Google sebagai vice president. Posisi karyawan tertinggi itu diraihnya setelah keberhasilan di karir sebelumnya. Tetapi kala itu Google baru berusia 3 tahun. Jadi sebenarnya ketika itu bisa dikatakan bahwa dia tidak hebat-hebat amat. Google adalah perusahaan kecil. Dia tertarik karena sebuah visi untuk menyediakan informasi gratis bagi siapa pun. Google memberinya tempat.

Tanggung jawabnya di Google adalah penjualan iklan. Jika melihat Google sekarang, pekerjaan itu bisa dikerjakan oleh siapapun. Tidak perlu orang hebat untuk melakukananya. Tetapi itu adalah 19 tahun lalu. Ketika Google belum apa-apa. Ketika orang masih memilih Yahoo untuk e-mail. Butuh orang hebat untuk menjual jasa iklan Google.

Sheryl mengerjakan tugasnya dengan baik. Akuisisi Google terhadap Youtube tahun 2006 adalah salah satu kesuksesan yang tidak bisa dilepaskan dari Sheryl. Tentu saja bukan sekedar akuisisi. Tetapi lebih bagaimana menjadikan Youtube sebagai sumber pundi-pundi uang baru Google.

Kasih sayang ibu

Setelah sukses berada di puncak karir sebagai karyawan di Google, tahun 2008 Sheryl dipinang Facebook. Posisinya adalah chief operating officer. Orang kedua setelah CEO. Namun demikian, dalam terminologi tata kelola perusahaan di USA, dia belum masuk jajaran Board of Director.  Belum direktur dalam terminologi tata kelola perusahaan di Indonesia.

Karena prestasinya, tahun 2012 dipercaya masuk sebagai jajaran Board or Director Facebook. Menjadi direksi. Namanya tercantum pada akta perusahaan. Posisi itu diperoleh setelah empat tahun berkarir di perusahaan besutan Mark Zuckerberg itu. Sebagai BOD tentu saja kompensasinya sangat tinggi.  Ia pun masuk jajaran milyader dunia sejak tahun 2014. Dua tahun setelah menjabat BOD.  Ingat ini adalah miliarder dalam mata uang USD alias dalam Rupiah sudah pada bilangan puluhan triliun. Triliuner.

&&&

Sheryl Sandberg saya pilih sebagai tokoh yang bisa menjadi inspirasi terkait dengan hari ibu. Wanita trilyuner dunia itu adalah ibu dari 2 orang anak. Bahkan ia kemudian menjadi single parent setelah ayah dari 2 buah hatinya itu menginggal pada usia 47 tahun pada tahun 2015.

Saat suaminya meninggal, perempuan kelahiran than 1969 ini sudah sukses berkarir. Tetap sambil membesarkan dua  buah hatinya. Tanpa  mengurangi rasa hormat untuk para ibu yang memilih mengurusi keluarganya sepenuh waktu, apa yang dilakukan oleh Sheryl bisa menjadi inspirasi bagi para ibu yang memilih mengurusi rumah tangga sambil menapaki jalur karir.

Bahwa mengasuh anak dan menjadi ibu tidak serta merta menghambar karir seseorang. Ada cara untuk berkarir sampai puncak dengan tetap memegang tanggung jawab sebagai seorang istri dan seorang ibu bagi anak-anaknya.

Dan karirnya pun bukan sembarang karir. Karirnya menyangkut sebuah layanan yang bisa dinikmati secara gratis oleh umat manusia sedunia. Siapa sekarang yang tidak menggunakan Google? Siapa yang tidak menggunakan YouTube? Hampir semua orang di dunia menggunakanya. Bahkan di negara yang secara resmi dilarang pun. Masyarakat tetap menggunakanya dengan berbagai cara. Dan mereka menggunakan Google tanpa dipungut biaya sepeser pun.

Artinya, jika dipandang secara lebih luas, apa yang dilakukan Sheryl adalah memberi manfaat kepada umat manusia tanpa pandang suku, bangsa, ras, agama atau identitas apapun. Memberi manfaat kepada siapa saja umat manusia.  Jika dilakukan dengan niat ihlas semata-mata untuk menggapai ridho-Nya, itu adalah sebuah pengamalan era modern dari hadits Nabi SAW. Khoirunnasi anfaahum linnas. Sebaik baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagai sesamanya. Bermanfaat bagi umat manusia seluruh dunia. Juga tetap berperan sebagai ibu bagi putra putrinya. Selamat hari ibu…..

Diskusi lebih lanjut? Gabung Grup Telegram  atau Grup WA SNF Consulting

Baca Juga:
CEO Life Cycle
Pseudo CEO


*)Artikel ke-296 tulisan Iman Supriyono ini juga dimuat di majalah Matan, terbit di Surabaya, dengan sedikit penyuntingan, edisi Desember 2020

One response to “Sheryl Sandberg: Ibu, Direktur, Triliuner

  1. Sherly Sandberg, adalah seorang ibu sekaligus seorang single parent yang luar biasa. Memberi manfaat bagi ummat manusia sedunia, dan diberi rezeki oleh Tuhan YME secara berkah dan berlimpah. Baik sekali beliau dijadikan tauladan untuk pekerjaan yang penuh fokus dan sungguh2, yang akhirnya membuahkan sukses besar secara material dan immaterial.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s